ADVERTISEMENT

Yuni Damayanti Sunur : Aktifkan Kembali Dasawisma sebagai Ujung Tombak PKK


Foto: Ny Damayanti saat memberikan arahan kepada Tim Penggerak PKK se Kecamatan Nagawutung. 

Ketua PKK Kabupaten Lembata, Ny Yuni Damayanti Sunur kepada ibu-ibu TP PKK mengatakan bahwa, Mudah-mudahan sejak menerima surat tugas,  ibu-ibu ketua bersama tim penggerak PKK dapat memulai tugas dan tanggungjawab dengan baik di wilayah Desa-nya masing-masing untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat setempat. Karena organisasi PKK di desa merupakan ujung tombak percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat. Ny. Sunur mengatakan hal itu,(Kamis, 14/5) di Loang, Ibukota Kecamatan Nagawutung saat penyerahan surat tugas kepada 11 Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Nagawutung.

Hadir saat itu, Bupati Lembata Eliaser Yenthji Sunur, Plt Camat Nagawutung Fransiskus Emy Langoday, Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero bersama Anggota DPRD, Petrus Bala Wukak,  Kapolsek Loang,  Danramil dan seluruh OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menurut Yuni Damayanti peran tim penggerak PKK  sangat penting dalam melakukan pemberdayaan ekonomi keluarga. Selain itu PKK  juga  harus bisa memulai tumbuh dari bawah bersama kaum perempuan lainya, Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau ada bapa-bapa yang mau melamar menjadi tim pokja sebagai pengurus PKK di kecamatan atau di desa. 

Tujuan utama dari terbentuknya Tim Penggerak PKK adalah,  untuk mewujutkan keluarga sejaterah yakni  keluarga yang mampuh menciptakan keselarasan keserasian dan keseimbangan. Sehingga Keluarga harus diupayakan menjadi sejaterah karena keluarga adalah masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan,”Ujar Ny Damayanti Sunur

RelatedPosts

Sesuai dengan hinbauan bapak Bupati Lembata bahwa dalam waktu dekat akan ada penggantian camat di kecamatan Nagawutung.  Maka melalui momentum mutasi jabatan di lingkup pemerintahaan desa dan kecamatan,  maka Secara otomatis tentu jabatan ketua tim penggerak PKK pun mengalami pergeseran. untuk itu pada mometum ini sangat penting untuk kita melakukan penguatan program kinerja didalam struktur PKK kecamtan dan PKK di tingkat Desa.   

Yuni Damayanti Sunur pada kesempatan tersebut juga mengucapkan proficiat kepada ibu ketua PKK kecamatan Nagawutun dan ibu-ibu TP PKK di 11 Desa se Kecamatan Nagawutung.  Sya berharap ibu-ibu dapat melanjutkan tugas dan visi misi dari TP PKK yang selama ini sudah berjalan baik yakni, melaksanakan 10 program PKK.

Lanjut Yuni Damayanti bahwa,  kita sekarang sedang menghadapi situasi covid-19,  untuk itu saya berharap agar peran PKK dalam 10 program PKK itu harus bisa memberi perhatian yang lebih maksimal terhadap masyrakatnya di Desa. Dan perhatian itu bukan hanya pada saat seperti ini saja tetapi kapanpun, dimanapun peran PKK harus terus dilaksankan dalam menjalankan 10 program PKK dan ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. 

Dengan adanya virus corona ini saya perluh  mengatakan,”Allhamdulilah Karena dibalik musibah pasti ada hikmah yang kita peroleh. Karena dalam masa pandemi ini  kita semua dengan sendirinya mulai sadar akan kebersihan, menjaga kebersihan diri kita sendiri, rajin cuci tangan, pakai masker setiap kali bepergian. Mudah-mudahan setelah corona ini kita semua masih wajib pakai masker untuk menghindari polusi debu dan lain sebagainya. Kata Yuni Damayanti

Kepada ibu-ibu rumah tangga Damayanti Sunur juga  mwngatakan bahwa dirinya  juga mengangkat langsung  ibu-ibu rumah tangga menjadi ketua gugus tugas dalam rumah tangganya masing-masing. Untuk itu ibu-ibu rumah tangga harus bisa memberikan perhatian yang khusus kepada kkeluarga sendiri. Perhatian ini dimulai dari dalam rumah kita sendiri.  Ibu-ibu diharapkan untuk harus bisa lebih disiplin dalam rumahnya sendiri,  karena peran ibu itu mempunyai multi talenta. Kita harus berperan menjadi chef atau tukang masak,  menjadi petugas kebersihan menyapu, ngepel  dan mencuci pakayan sekaligus mengasuh bay,  terlebih harus memberi servis yang baik kepada pimpinan atau suami. 

Sehingga saya berharap agar ibu ketua penggerak PKK di Kecamatan dan Desa agar setelah kembali dari kegiatan kita ini, ibu-ibu harus segara bentuk pokja. Untuk anggota pengurus PKK yang lama itu saya harap  tidak boleh diganti,”Ucap Damayanti

Disituasi pandemi ini saya juga berharap  ibu-ibu harus pandai membaca situasi dan kondisi seperti ini. Mungkin ada banyak keterbatasan yang dihadapi ibu-ibu di desa dan pasti ibu-ibu mengalami kesulitan untuk mendapatkan vitamin. Sehingga kepada ibu-ibu saya harap  harus bisa memanfaatkan pohon vitamin yakni Daun Kelor sebagai penggati vitamin. Kalau ibu-ibu kesulitan memberikan susu pada anak maka bisa saja berikan kelor dengan olahan sayur dan olahan-olahan lainya. Ada banyak sekali manfaat dari kelor, tidak hanya itu,  Kelor juga bisa digunakan untuk kecantikan, mencerahkan kulit dan pelembapan bibir, bahkan Kelor juga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, “Jelas Damayanti. 

Damayanti juga mengtakan bahwa nanti kedepan pihaknya dari kabupaten akan mengadakan pelatihan pangan swakelolah namun situasi kini masih belum bisa sehingga nanti setelah kndisi covid-19 ini sudah kembali normal baru kegiatanya kita lakukan.  

Kita berharap Mudah-mudahan virus ini segera berlalu.  

Kepada ibu ketua PKK kecamatan Ny,  Damayanti Sunur meminta agar kedepan harus bisa mengaktifkan kepengurusan PKK disetiap kecamatan dan Desa. TP PKK  juga harus segera menyusun 10  program kerja untuk kedepan bisa lebih bersinergi dengan program kerja kegiatan di PKK kabupaten. Selain itu TP PKK kecamatan juga harus secara rutin melakukan pertemuan setiap bulan dengan ibu-ibu ketua PKK di desa dan Harus aktifkan kembali Dasawisma karena Daswisma adalah ujung tombak dari organisasi kita ini.  Terlebih Kepada Ketua dan tim PKK Kecamatan saya  berharap, harus rajin turun ke desa untuk melihat lebih dekat permasalahan ibu-ibu TP PKK di desa-desa.

Plt Camat Nagawutung, Fransiskus Emy Langoday selaku dewan pembina TP PKK tingkat kecamatan pada kesempatan yang sama mengatakan  pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Tim Penggerak PKK Desa ini merupakan momentum penerimaan surat keputusan tugas baru. Kiranya kedepan ibu-ibu lebih semangat dalam tugas dan karya. Jadilah sosok tokoh panutan yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

dengan menerimah mandat kepercayaan melaui surat tugas sebagai ketua Tim Penggerak PKK  maka saya berharap agar ibu-ibu TP PKK harus bisa turut berpartisipasi aktif dalam membangun desanya masing-masing.

 Saya berharap agar ibu-ibu juga bisa meneysuaikan diri dengan masyarakat. Karena  ibu-ibu tidak hanya, mendamping suami yang adalah Kepala Desa. Disatu sisi ibu-ibu juga harus berperan sebagai ketua tim penggerak PKK yang harus selalu siap mengemban tugas dan kewajiban yang begitu kompleks di wilayahnya masing-masing. 

Untuk itu saya berpesan kepada bapa ibu-ibu TP PKK yang baru ini,  untuk terus belajar tentang struktural dan prosedural dalam mengemban amanah yang sudah dipercayakan ini. Ucap Fransiskus Langodai**WN02**

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *