ADVERTISEMENT

Lembata Tuan Rumah El Tari Memorial Cup, GOR 99 dan 4 Lapangan Bola Kaki Siap

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COM- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur mengatakan, Lembata sebagai tuan rumah pada event bergengsi, El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2021,perlu menyiapkan beberapa sarana olahraga antara lain, Gelanggang Olahraga (GOR) 99, stadion mini atau lapangan bola kaki pendukung. Pembangunan stadion mini di Desa Dolulolong, Kecamatan Omesuri pun mendukung hajatan akbar ETMC tersebut.

Bupati Sunur mengatakan hal itu, ketika meletakan batu pertama pembangunan Stadion Mini dan Taman Baca di Desa Dolulolong, Kecamatan Omesuri, pekan lalu.

Perlu diketahui bersama selain stadion mini di desa Dolulolong. Pemkab juga telah menyiapkan lapangan pendukung lainnya di lokasi yang berbeda yakni; Lapangan Bola Kaki di desa Laranwutun, Lapangan Bola Kaki di Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur Kecamatan Nubatukan dan Lapangan Bola Kaki di desa Baopana Kecamatan Lebatukan. Sementarai itu, untuk stadion Gelora 99 di desa Pada Kecamatan Nubatukan akan digunakan pada saat pembukaan dan final

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Bupati Sunur lebih lanjut menyatakan, Lembata sebagai tuan rumah event El Tari Memorial Cup, perlu menyiapkan beberapa sarana olahraga berupa stadion. Selain untuk mendukung pelaksanaan event sepak bola bergensi NTT tersebut, tempat ini juga dapat dimanfaatkan oleh kedua kecamatan dalam memajukan olah raga.

“Stadion ini tidak hanya digunakan untuk event El Tari Cup saja, tetapi juga menjadi Sport Center Kecamatan Omesuri dan Buyasuri, pinta Sunur.

RelatedPosts

Karena itu, diharapkan, Camat Omesuri dan Buyasuri agar lebih aktif dengan sering membuka turnamen sepak bola di tempat ini. Selain secara tidak langsung dapat menggali bibit-bibit muda pemain sepak bola, tetapi juga dapat menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat.

“Kita dapat menggali bibit dengan sering membuka turnamen. Jika ada kompetisi di desa-desa, maka cukup dengan pembukaannya boleh di sini ataukah finalnya baru diselenggarakan di stadion ini. Ketika ada event atau turnamen, orang pasti lapar dan haus. Masyarakat harus siap lapak jualan, untuk itu harus berkoodinasi dengan PKO, sehingga sesuai master plannya”, tegas Sunur.

Diujung sambutannya Sunur menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Desa Dolulolong yang secara ikhlas telah menghibahkan lokasi untuk dibangun lapangan sepak bola beserta fasilitasnya. 

” Masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, karena saat ini lima masyarakat di Kabupaten Lembata telah terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, masyarakat yang memiliki riwayat sakit dan yang memasuki usia Lansia agar tidak bepergian/keluar rumah jika tidak terlalu penting,” harap Bupati Sunur.

Kadis PKO, Silverter Samon : Lembata Tuan Rumah ETMC 2021

 Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT), ditunjuk oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) sebagai Tuan rumah pada perhelatan turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC) 2021.

Kepala dinas PKO Silvester Samon saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (23/11/2020) menjelaskan Lembata siap menyambut datangnya ETMC 2021 mendatang.

“Saat ditunjuk jadi tuan rumah, kami siap Menyambut datangnya ETMC 2021,” ungkapnya.

Dikatakannya, persiapan demi persiapan sudah dilakukan.

“Lapangan Gelora 99 kini mencapai progres 70% bahkan pada sampai penanaman rumput serta pemeliharaan rumput lapangan menuju ke angka finish dan empat lapangan pendukung lainnya juga dalam persiapan. Diperkirakan sekitar bulan Maret seluruh pekerjaan fisik GOR 99 sudah selesai,” terangnya.

Dijelaskannya, kini Gelora 99 menjadi jawaban atas proses pendistribusian bakat dan minat bagi kaum muda dalam berolahraga khususnya di dunia sepak bola.

“Ini peluang bagi kabupaten Lembata serta kerinduan pemerintah kabupaten Lembata menjemput event ini sebagai bagian dari dorongan pada sektor ekonomi, pariwisata, juga pada sektor lainnya,” jelasnya.

Sementara kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Apolonaris Mayan mengatakan, tamu yang datang nanti pada perhelatan turnamen ETMC 2021 tentunya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah kabupaten Lembata.

“Tak hanya itu berbagai persiapan seperti sektor pariwisata dengan spot yang ada tentunya menjadi brand spesial bagi kabupaten Lembata dan juga jasa perhotelan, rumah makan, rumah kreatif dan oleh-oleh serta pelayan jasa lainnya diupayakan untuk
menjawab kebutuhan para atlit dan tamu ETMC 2021 sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam konteks pemulihan ekonomi nasional dengan pola pemberdayaan Ekonomi Kreatif lokal pada pelaksanaan ETMC 2021 mendatang,” pungkasnya. (Tim Kominfo Lembata/IK/WN-01).

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *