ADVERTISEMENT

Wagub Papua Barat Bantu Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok Lembata

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua Barat peduli musibah Lembata, NTT, dengan memberikan bantuan dan meresmikan Posko Bantuan Bencana Letusan Ile Lewotolok, Selasa (1/12). Foto: Yanti

PAPUA BARAT : WARTA-NUSANTARA.COM-Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani memberikan bantuan untuk meringankan beban warga Pulau Lembata Provinsi NTT yang terkena musibah. Bantuan itu sebagai wujud kepedulian atas musibah meletusnya Gunung Ile Lewotolok di Pulau Lembata, Provinsi NTT, Selasa (1/12).Selain memberikan bantuan, orang nomor dua di Provinsi Papua Barat ini juga sekaligus meresmikan Posko Bantuan Bencana Letusan Gunung ‘Ile Lewotolok, Lembata-NTT’ yang dibuat oleh Keluarga Besar Flobamora Kota dan Kabupaten Sorong, Papua Barat. Posko bantuan sendiri, beralamat di Rumah Singgah Satu Harapan Jalan Sriti II HBM, Kota Sorong

.”Selaku Wakil Gubernur Papua Barat, saya sangat bersimpati atas musibah meletusnya Gunung Ile Lewotolok di Pulau Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Papua Barat terutama di wilayah Sorong Raya, mari kita bersatu membantu meringankan beban warga di Pulau Lembata Nusa Tenggara Timur yang saat ini terkena musibah. Jika ada yang ingin memberikan bantuan, bisa langsung diantar ke posko bantuan yang ada di rumah singgah satu harapan HBM, kota sorong,” ungkap Wagub.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menurut Wagub, apapun bantuan yang diberikan itu akan sangat membantu warga Lembata yang saat ini sedang berada di tenda-tenda pengungsian.Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Flobamora Kota Sorong Syafruddin Sabonama menjelaskan, saat ini kondisi Indonesia berpotensi untuk terjadinya bencana alam seperti gunung meletus. Dimana musibah ini besar kemungkinan akan terjadi di mana-mana, karena Indonesia dikelilingi oleh cincin api.

“Hari ini terjadi di Lembata, bisa jadi akan terjadi di tempat lain. Ini adalah momentum ketika Ikatan Keluarga Besar Flobamora Kota Sorong, menjadikan musibah yang terjadi di Lembata sebagai momentum untuk merekatkan kesadaran nasional bahwa satu musibah di tempat lain, juga adalah duka bagi kita semua. Sehingga kehadiran Wakil Gubernur Papua Barat yang adalah orang Papua untuk meresmikan posko bantuan buat daerah lain yang jauh di sana, itu adalah sebuah pesan bahwa sebagai sebuah bangsa kita semua harus ambil bagian atas duka yang terjadi di negeri ini,” beber Ketua Ikatan Keluarga Flobamora Kota Sorong.

RelatedPosts

Dirinya berharap, spirit atau apa yang dilakukan Wakil Gubernur Papua Barat akan diteruskan melalui organisasi-organisasi pemerintahan. Agar kemudian menginspirasi semua pemerintahan yang ada di Indonesia, untuk ambil bagian dalam isu-isu kemanusiaan yang ada di daerah-daerah lain. “Wakil gubernur papua barat secara spontan memberikan bantuan, sebagai wujud bahwa duka yang ada di Lembata adalah duka juga untuk tanah Papua,” ujarnya.

Sabonama juga berterima kasih karena momentum duka di Lembata NTT, menginspirasi anak-anak muda Flobamora yang ada di Kota Sorong untuk terus meningkatkan kepedulian. “Saya bersyukur dan berterima kasih karena Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa NTT Kota Sorong mulai besok akan melakukan aksi donasi dan penggalangan dana di sepanjang jalan protokol Kota Sorong. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu ciri, bahwa anak muda harus mengambil bagian dalam setiap isu-isu kemanusiaan yang entah itu terjadi di belahan daerah yang mana,” imbuhnya.

Sebagai Ketua Ikatan Keluarga Flobamora Kota Sorong, Syafruddin Sabonama juga menyampaikan terima kasih untuk masyarakat yang ada di Sorong raya, yang telah berkontribusi untuk bersama-sama meringankan duka yang ada di Lembata. “Bantuan yang nanti dikumpulkan disini, akan ditransfer melalui mitra-mitra yang ada di NTT. Sementara untuk bantuan berupa pakaian pantas pakai atau bantuan sembako, nanti akan disalurkan melalui jalur laut dengan menggunakan kapal Pelni. Masyarakat yang ingin memberikan bantuan, bisa memberikan bantuan berupa uang, pakaian layak pakai dan juga sembako,” pungkasnya. **(*/WN-01).**

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *