ADVERTISEMENT

Terobosan Baru KUD Mutiara Lembata Kian Bersinar

Keterangan Foto : Ketua KUD Mutiara Lembata, Agustinus Nuban bersama anggota, siap Pupuk Cair untuk Petani.

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COM- Koperasi Unit Desa (KUD) Mutiara Lembata seiring perjalanan waktu menorehkan sejarah baru. Kepemimpinan sebelumnya dibawah kendali , tokoh muda Jurnalis Jakarta asal Lembata, Ferdinandus Diri Amajari Lamak. Kini tongkat estafet kepemimpinan itu berada dipundak Agustinus Nuban yang terpilih secara aklamasi dalam sebuah rapat pada 28-31 Desember 2020 silam di Kantor KUD Mutiara Lembata. Sebagai Mandataris Ketua KUD, Agus Nuban, demikian populer disapa, dipercayakan untuk menyusun kepengurusan.

Dalam percakapan dengan Sang Ketua KUD Mutiara, Agus Nuban, belum lama ini, mengatakan, alasan posisinya sebagai mandataris, pihaknya diberi kepercayaan untuk merekrut kepengurusan yang dinilai mampu bekerjasama secara baik untuk memajukan koperasi ini lebih maju lagi. Bahkan pihaknya bertekad, dengan berbagai terobosan menghadirkan jenis-jenis usaha agar KUD Mutiara Lembata kian bersinar menerangi kesejahteraan para anggota.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Mengawali kepemimpinan ini, tutur Agus Nuban, dukungan aset yang ada meski terbatas, namun kita harus memanfaatkannya secara baik agar dapat berproduksi secara maksimal. Aset yang ada berupa sebuah Kantor, sebuah Kios dan modal tunai sebesar Rp 85.000.000., yang kini masih berada di Badan Pengurus sebelumnya. Langkah penting segera dilakukan menghadirkan pengurus lama agar dapat mempertanggungjawabkan dana dan aset KUD yang ada dan secara bersama dalam suasana kekeluargaan membicarakan apa saja terobosan baru yang mesti segera dilakukan sembari meminta petuntuk dan arahan dari Ketua Induk KUD, Drs. Herman Y. L. Wutun, MBA agar koperasi ini dikelola secara profesional.

“Terus terang, saya masih awan soal mengelola koperasi. Namun dengan tekad dan komitmen yang kuat, apa pun tantangan ke depan, kita harus berani lakukan terobosan usaha untuk meningkatkan pendapatan. Sebab jenis usaha sebelumnya, masih sebatas sewa-menyewa aset seperti Gudang, Warung dan Kios”, ungkap Agus Nuban kepada Media Warta Nusantara.

RelatedPosts

Merujuk pada hasil RAT tentang rencana kerja KUD Mutiara, Agus Nuban berkomitmen melakukan terobosan usaha baru agar pendapatan KUD semakin meningkat demi kesejahteraan anggota. Selain pemanfaatan aset secara baik dan tertib, juga penting perlu pembenahan organisasi secara transparan dan profesional serta penciptaan unit-unit usaha baru. Jika unit-unit usaha berkembang, langkah penggalangan anggota KUD mutlak dilakukan. Semakin banyak anggota KUD, lanjut Agus Nuban, diyakinini KUD makin berkembang karena sesama pengurus dan anggota bekerja sama dan sama-sama bekerja memajukan KUD Mutiara ini.

Menurut Agus Nuban, sudah saatnya KUD Mutiara membangun Agen Semen dan bahan bangunan lainnya untuk melayani kebutuhan masyarakat di desa-desa sebagai bentu pendekatan pelayanan. Selain itu, pihaknya juga akan membangun sebuah Resto-Kafe menyajikan makanan khas Lembata berupa ikan bakar, siput dan Mini Market menyediakan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat setempat di kota ini. Selain itu, bekerjasama dengan Induk KUD menyediakan benih padi dan pupuk berkualitas bagi para petani dimana saat ini sudah dilakukan dengan para petani sawah Waikomo dan Urumitem hasilnya sangat memuaskan.

Jika terobosan usaha dan bisnis ini berkembang pesat, ungkap Agus, justeru masyarakat akan beramai-rami masuk menjadi anggota KUD Mutiara karena kian bersinar menyejahterakan para anggota. **(WN-01).**

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *