ADVERTISEMENT

Subda PON Merauke Diingatkan Berdayakan Orang Marind

MERAUKE, WARTA NUSANTARA- Sub Daerah (Subda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX diingatkan  memberdayakan orang Marind, agar ada dampak ekonomi dirasakan.

Permintaan itu disampaikan salah seorang Intelektual Marind, Antonius Kaize dalam pertemuan di ruang rapat KONI Kamis (20/5/2021).  “Saya minta panitia Subda PON mendorong perekonomian disini, karena ada beberapa cabang olahraga dilombakan dalam PON Oktober mendatang,” ungkapnya.

“Banyak orang pasti datang di Merauke dan saat pulang,  pasti mereka ingin membawa oleh-oleh misalnya anyaman, ukiran, noken, bulu cawat dan lain-lain,” katanya.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jika sejumlah kerajinan tangan tersebut  dibawa pulang orang luar, jelas Anton, kuncinya adalah dari sekarang panitia Subda PON sudah bergerak menemui kelompok mama-mama Papua maupun sanggar sekaligus membicarakan.

Lalu, perlu ditopang dukungan dana. Sehingga mereka bisa bergerak mencari bahan. “Kita tak bisa hanya menyuruh mereka menganyam sejumlah kerajinanan begitu saja, perlu juga anggaran,” ujarnya.

RelatedPosts

Nantinya saat dana diberikan di masing-masing  kelompok, dijelaskan secara baik pemanfaatanya. Sehingga bisa digunakan tepat sasaran.

“Yakin dan percxaya bahwa ketika dana diberikan, mama-mama Papua akan menganyam sejumlah kerajinan tangan, sekaligus dipamerkan  diberbagai tempat saar ivent nasional ini digelar,” katanya. (WN-kobun)

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *