ADVERTISEMENT
google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Romanus Mbaraka : Perlu Kebijakan Pemerintah Pusat Agar Beras Merauke Dipasarkan ke Negara PNG

MERAUKE, WARTA NUSANTARA- Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Koordinator  Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Mahmud MD serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang telah datang melihat langsung masyarakat di wilayah Selatan Papua.

Hal itu disampaikan Bupati Mbaraka saat memberikan ucapan selamat datang kepada dua menteri itu di PLBN Sota Minggu (12/9/2021). Dikatakan, salah satu potensi unggulan di Kabupaten Merauke adalah pertanian, sehingga harus mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat.

Saat kunjungan Menteri Pertanian pekan lalu, jelas Bupati Mbaraka, telah disampaikan agar pertanian di Merauke menjadi satu model yang dapat menunjang pertumbuhan produktivitas rakyat.  

google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

“Saya minta kalau bisa kita fokus dengan satu modeling dalam mengelola pertanian. Selama ini Merauke over produksi beras,” ungkapnya.

Hanya saja, katanya, ada kelemahan di tingkat petani mulai dari mengola lahan, tanam, hingga produksi. Olehnya perlu dukungan peralatan pertanian dan lain-lain.

RelatedPosts

Jika kualitas beras Merauke lebih baik, tentunya akan masuk sampai ke semua jenjang pasar. Lalu ketika lahan bisa ditambah, produksi beras dapat dieksport hingga ke Negara PNG. Namun semua itu tergantung kebijakan  pemerintah pusat.

Selai potensi pertanian, demikian bupati, juga perikanan serta tanaman keras lain seperti kelapa sawit. Ini sejumlah potesi andalan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi rakyat. (WN-kobun)

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *