ADVERTISEMENT

Sekda NTT Kukuhkan Tarsisius Apelabi Jadi Ketua Forator NTT

Siaran Pers dari Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diterima Warta Nusantara

KUPANG : WARTA-NUSANTARA.COM-Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Lisapaly, SH., yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto, A.Pi telah mengukuhkan dan melantik Tarsisius Uru Apelabi, SE.,MM,CRMO sebagai Ketua Badan Pengurus Forum Auditor (FORATOR) Inspektorat Daerah Provinsi NTT dan seluruh Badan Pengurus bertempat di Aula Pantai Otan, Kupang, Jumat, 16/12/2022 lalu.

Badan Pengurus Forator Inspektorat NTT

Acara pelantikan dan pengukuhan Forator tersebut, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, Ruth D. Laiskodat, S.Si., A.pt., M.M dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Drs. Kanisius H. M. Mau, M.Si, Pejabat dari BPKP dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Momentum penting itu diltandai dengan penyematan PIN dan penyerahan Bendera Forator kepada Ketua Forator Tarsisius Uru Apelabi, SE,MM, CRMO.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Penjabat Sekda NTT, Lisapaly, SH., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto A.Pi, memberikan apresiasi atas inovasi Inspektorat Daerah membentuk Forum Auditor sebagai wadah pembinaan kompetensi para auditor dalam mendukung kinerja Inspektorat Daerah dan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Dikatakan peran dan kehadiran auditor sangat erat kaitannya dengan perjalanan Pemerintah Provinsi NTT mencapai Opini WTP  sejak Tahun 2015-2017.  Lebih lanjut terkait tuntutan masyarakat terhadap tugas-tugas pengawasan oleh APIP maka dibutuhkan sikap responsif  dan Forator diharapkan berperan secara baik sebagai early warning system, sebagai quality assurance bahkan sebagai konsultan dan katalisator perubahan.

RelatedPosts

Ketua Forator Tarsisius Uru Apelabi, SE,MM, CRMO dalam sambutan menguraikan kilas balik pembentukan FORATOR yang didasari atas tuntutan dan tantangan terhadap tugas-tugas pembinaan dan pengawasan oleh APIP. Dan auditor sebagai elemen APIP terus  dan meningkatkan kompetensi dan profesional berkontribusi mendukung kinerja Inspektorat Daerah Provinsi NTT dan penyelenggaraan pemerintah daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tarsisius Apelabi menjelaskan, sejak terbentuk 13 Juli 2022,  Forum Auditor ini beranggotakan 58 auditor atau 60,42% dari jumlah PNS Inspektorat Daerah Provinsi NTT dan telah memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rimah Tangga, PIN dan Bendera serta Kartu Anggota.

Lebih lanjut Tarsi Apelabi menjelaskan bahwa salah satu keunggulan auditor Inspektorat Daerah Provinsi NTT adalah melakukan perhitungan kerugian keuangan negara dan dihadirkan sebagai saksi ahli membantu aparat penegak hukum menyelamatkan keuangan negara. Sebagai ketua. jelas Tarsi, pihaknya mempunyai obsesi membawa organisasi profesi auditor ini menjadi terdepan merespon tugas pokok inspektorat daerah dan mendukung program kerja Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Diakhir sambutannya, Tarsisius Apelabi yang pernah mendapat Penghargaan sebagai Agen Perubahan dan Role  Model  kinerja  Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyerukan kepada komponen Forator untuk bersinergi bersama semua pihak meningkatkan kompetensi dan menjadi garda terdepan melakukan perubahan  mendukung kerja-kerja pemerintah menuju kesejahteraan masyarakat dengan semangat dan slogan kerja auditor  keep calm and carry on auditing because only auditors can save the word.  Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Forator diikuti oleh Aparat Sipil Negara Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan diakhiri dengan foto serta ramah tamah bersama. (WN-01)

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *