ADVERTISEMENT

Bawaslu Lembata Awasi Seleksi Wawancara Ratusan Calon PPS

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COMBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lembata awasi langsung proses seleksi wawancara  Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ratusan calon PPS yang lolos seleksi administrasi mengikuti tahapan seleksi wawancara secara serentak dilaksanakan di 5 Kecamatan yaitu Nubatukan, Lebatukan, Nagawutung, Atadei dan Buyasuri.

Ketua KPU Lembata Elias Keluli Making kepada staf Humas Bawaslu Lembata mengatakan bahwa transparansi dan akuntabilitas menjadi prinsip utama dalam pelaksanaan tes wawancara PPS karena itu  KPU terbuka  untuk diawasi oleh siapa saja termasuk Bawaslu.

Selain itu Keluli juga menjelaskan bahwa minat masyarakat untuk terlibat  sebagai Penyelenggara Pemilu  tingkat PPK dan PPS  tahun ini sangat tinggi dan didominasi 80% kaum milenial dan kaum perempuan

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

”ini hal positif ,tentu semakin banyak calon, semakin kompetitif, KPU semakin selektif untuk mendapatkan penyelenggara yang berkualita” ungkap Keluli.

Sementara itu Ketua Bawaslu Lembata Paulina Y.B Tokan terpantau melakukan Pengawasan di Kecamatan Lebatukan,ketika dimintai tanggapan pelaksanaan seleksi  ini mengatakan bahwa proses wawancara berjalan lancar dan Penyelengara Pemilu dalam hal ini KPU dan jajarannya telah mempersiapkannya dengan baik Paulina meminta agar waktu diatur dengan baik agar bisa berjalan sesuai jadwal.

RelatedPosts

Berbeda dengan Anggota Bawaslu Lembata Lambertus Bala Kolin yang melakukan pengawasan di Kecamatan Nagawutung mengatakan bahwa  proses seleksi diatur mekanisme nya menjadi 3 sesi dan peserta terlihat begitu antusias. Lambert berharap agar penyelenggara adhoc KPU ditingkat desa  yakni PPS yang terpilih nantinya  dapat berkolaborasi  dengan Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa  yang adalah adhocnya Bawaslu  demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

Sesuai laporan dari Tim Pengawasan kepada  Humas Bawaslu Lembata sebanyak 383 calon peserta PPS yang mengikuti seleksi wawancara secara serentak hari ini yang diawali dengan pengarahan dari Camat Lebatukan dan dihadiri oleh Kapolsek dan jajaran Bawaslu Lembata, Rabu,18/01/2023 di masing-masing Kecamatan.

Penulis : Indah Purnama Dewi, Humas Bawaslu Lembata

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *