ADVERTISEMENT

Bawaslu Lembata Perpanjang Pendaftaran Pelamar PKD

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COM Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lembata- Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pada 9 (Sembilan ) Kecamatan Se- Kabupaten Lembata telah melakukan perekrutan Calon PKD dalam rangka pengawasan  tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak  Tahun 2024 mendatang.

Sebanyak 372 Calon PKD telah melakukan pendaftaran di 9 Kecamatan yang terdiri dari laki-laki sebanyak 246 orang dan perempuan sebanyak 126 orang. Saat ini Pokja di setiap Panwaslu Kecamatan membuka kembali perpanjangan pendaftaran Calon Panitia Pengawas  Pemilihan Umum Kelurahan/ Desa  mulai tanggal 24 januari 2023 sampai tanggal 26 Januari 2023  dan akan diumumkan pada  pada tanggal 28 januari 2023, selanjutnya akan mengikuti seleksi wawancara.

Ketua Bawaslu Lembata, Paulina Y.B Tokan ketika dimintai tanggapan terkait perekrutan Calon PKD mengatakan Kelompok kerja dimasing-masing Kecamatan telah melaksanakan perekrutan  secara prosedural sesuai pedoman. Paulina menjelaskan bahwa saat ini Panwaslu Kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar agar tetap membangun koordinasi dengan semua stakeholder. Paulina berharap dengan perpanjangan waktu pendaftar  dapat memenuhi kuota  yang diharapkan.

google.com, pub-8821474514474742, DIRECT, f08c47fec0942fa0

“Panwaslu Kecamatan agar tetap berkoordinasi dengan Kepala Desa, Camat,Kepolisian, tokoh pemuda dan tokoh perempuan untuk melakukan penjaringan calon potensial disetiap Kecamatan agar dapat  memenuhi kuota sesuai harapan” Pesan Paulina

Anggota Panwaslu Kecamatan  Nubatukan Yakobus Gletam dalam laporannya menjelaskan bahwa Panwaslu Kecamatan Nubatukan telah menerima 70 pelamar dari 18 Kelurahan dan Desa Se Kecamatan Nubatukan. Jack merincikan pelamar calon PKD terbanyak berasal dari Kelurahan Lewoleba Selatan, Panwaslu akan membuka perpanjangan pendaftaran khusus untuk Desa yang belum memenuhi kuota

RelatedPosts

“Panwaslu Kecamatan Nubatukan akan membuka pendaftaran kembali khusus Desa Lite, Desa Nubamado,Desa Udak,Desa Belobatang dan Desa Bakalerek” Ujar Gletan

Salah satu pelamar dari Kecamatan  Ile Ape, Yakobus Simon  disela-sela pendaftaran ketika dimintai tanggapan oleh Humas Bawaslu Lembata mengatakan bahwa proses perekrutan  calon PKD di Kecamatan Ile Ape dinilai sangat transparan, menurut Yakobus yang akrab disapa Paten ini mengaku sangat terbantu dengan akses informasi yang disediakan oleh Panwaslu Kecamatan sehingga sangat memudahkan Paten dalam proses pendaftaran.

Pembentukan  Panwaslu Kelurahan dan Desa  dilakukan melalui proses  penjaringan,pemilihan dan penetapan  dengan tetap berpedoman pada prinsip  mandiri, jujur, adil,berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel,efektif,efisien,aksesbilitas dan afirmasi serta memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit  30% disetiap tahapan .

Penulis : Indah Purnama Dewi, Humas Bawaslu Lembata

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *