ADVERTISEMENT
google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ketua Panwaslu Kecamatan Buyasuri Lantik 20 Panwaslu Desa

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COMKetua Panwaslu Kecamatan Buyasuri, Amrunur Moh. Darwan mengambil sumpah dan melantik sebanyak 20 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Desa. Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lembata menghadiri acara Pelantikan tersebut. Pelantikan Panwaslu Desa terdiri dari 6 orang Perempuan dan 14 orang Laki – laki untuk Kecamatan Buyasuri., bertempat di Aula Pertemuan Desa Tubungwalang, Minggu 05/02/2023.

Acara pengambilan sumpah/janji ini, turut hadir Camat Buyasuri, Kapolsek, Danramil Lembata Timur, Kepala Desa Tubungwalang, Roho, Atulaleng dan Umaleu, Rohaniwan Pendamping, Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Buyasuri serta Staf.

Sementara itu Bawaslu Lembata, hadir Anggota Bawaslu selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Thomas Febry Bayo Ala dan Koordinator Sekretariat Antonius Irenaeus Lanang serta Staf Sekretariat.

google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Febry demikian sapaan Kordiv HPPMHM pada kesempatan menyampaikan sambutan, mengucapkan proviciat kepada ke 20 orang PKD yang telah dilantik. “Hari ini secara deyure dan defacto anda telah resmi menjadi penyelenggara Pemilu ditingkat desa, untuk itu jaga integritas dan marwah lembaga ini” ucap Febry.

Pihaknya juga menekankan agar setiap penyelenggara Pemilu selalu mengkapasitasi diri dengan terus membaca regulasi Pemilu serta terus berkoordinasi kepada hirarki apabila ada kendala dalam pelaksanaan pencegahan, pengawasan Pemilu.

RelatedPosts

Camat Buyasuri Lambertus Charles, SH juga meminta kepada Pengawas Pemilu ad hoc untuk memahami secara baik tugas, fungsi dan wewenang masing – masing.

“Pelantikan hari ini adalah momentum krusial bagi anda (Pengawas Desa) dalam mengawal proses Pemilu di desa sesuai asasnya yakni Luber dan Jurdil karena anda adalah garda terdepan pengawas Pemilu di desa dan mari kita terus berkoordinasi dalam mrnyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kecamatan Buyasuri”

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Buyasuri, Amrunur Muh. Darwan dalam sambutannya setelah melantik Pengawas Kelurahan/Desa, menyampaikan bahwa seluruh Panwaslu Desa yang telah dilantik hari ini merupakan leading sector pengawasan/ujung tombak pengawasan selain Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang memiliki peran sangat strategis untuk mengimplementasikan tugas dan wewenang sebagaimana yang diberikan oleh Negara melalui UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

” Desa adalah Miniatur Negara yang sesungguhnya. Dalam konteks Pemilu, di desalah seluruh proses tahapan Pemilu itu diejawantahkan untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis” Kata Amrunur.

Kegiatan pelantikan ini akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan disampaikan oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Buyasuri.

Alwanarakian Staf Sekretariat Bawaslu Lembata

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *