ADVERTISEMENT
google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

PKB Usung Simeon Lake-Broin Tolok Maju Pilkada Lembata

Foto : Simeon Lake-Broin Tolok

LEMBATA : WARTA-NUSANTARA.COM–Berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nomor : 30027/DPP/01/Vl/2024 tentang Penetapan Tahap l Pasangan Simeon Lake,S.Pd dan Yohanes Berchamnas Broin Tolok,SE Sebagai Balak Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kabupaten Lembata Periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa. SK tersebut ditetapkan di Jakarta pada tangfgal 5 Juni 2024. Artinya, secara resmi kader PDI Perjuangna Broin Tolok (Botol) mendampingi Ketua PKB Lembata, Simeon Lake maju bertarung pada Pilkada Lembata 2024-2029.

Simeon Lake-Broin Tolok

Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat PKB tersebut diterima Warta-Nusantara.Com langsung dari Bacabup Lembata, Simeon Lake melalui WhatRabu, 12/6/2024. Penetapan Surat Keputusan tersebut ditanda tangani oleh Ketua Bidang Penguatan Struktur Eksekutif dan Legislatif, A. Halim Iskandar dan Sekretaris Jenderal, M. Hasanuddin Wahid.

google.com, pub-9566902757249236, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menariknya, sementara ada peristiwa politik lainnya terjadi di Taman Kota Lewoleba, Sabtu, 8/6/2024, digelar acara Deklarasi Koalisi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanan Nasional (PAN) Kabupaten Lembata. Namun deklarasi iru tanpa menyebut siapa Bacabup-Bacawabup yang diusung kedua partai tersebut. Jika PDI Perjuangan dan PAN berkoalisi, bagaimana dengan Cawabup dan Bacawabup apakah tetap mengusung Simeon Lake-Broin Tolok atau paket ini bisa berubah ketika PAN menyodorkan figur sendiri.

Meski demikian, jika PAN berkoalisi tanpa syarat maka paket yang sudah mengantongi SK ini melenggang mulus dengan koalisi besar, PKB, PDI Perjuangan dan PAN dengan kekuatan 7 kursi di DPRD Lembata atau meraih lebih dari 20 persen dukungan, melebih persyaratan minimal.

RelatedPosts

Lima Butir Penugasan dari DPP PKB :

Kesatu, Mengesahkan Simeon Lake,S.Pd dan Yohanes Berchmans Broin Tolok, SE., sebagai Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Lembata periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa Tahap l.

Kedua, Memberikan tugas dan tanggungjawab kepada Simeon Lake,S.Pd dan Yohanes Berchamnas Broin Tolok,SE untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi, di internal Partai Kebangkitan Bangsa serta melakukan komunikasi dengan dengan pihak eksternal PKB dalam rangka menggenapkan kebutuhan minimum koalisi Pilkada Kabupaten Lembata dan/atau menambah dukungan koalisi.Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan

Ketiga, Dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan sebagaimana diktum KEDUA wajib berkoordinasi dengan DPC PKB Kabupaten Lembata dan DPW PKB provinsi Nusa Tenggara Timur dan melaporkan hasilnya kepada DPP PKB melalui Desk Pilkada DPP PKB.

Keempat, Keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan hingga dinyatakan berakhir oleh DPP PKB ditandai dengan diterbitkan Surat Keputusan DPP PKB tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lembata Periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Kelima, Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam Surat Keputusan ini, maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ketua DPC PKB Lembata, Simeon Lake yang kini Bacabup Lembata kepada Warta-Nusantara.Com Rabu, 12/6/2024 menerangkan, Surat keputusan itu berisi rekomendasi untuk membangun koalisi termasuk dengan PDI Perjuangan dan partai lain juga tetap menjadi target untuk bangun koalisi demi Pilkada nanti.

“Semua partai dapat dibangun koalisi dan Bakal Calon Wakil Bupati yang direkomendasikan juga belum final. Proses politik dan tahapan Pilkada masih panjang dan kita mesti hormati mekanisme masing-masing partai. Prinsip PKB saat ini adalah partai apapun dan siapun yang dapat membangun koalisi akan dikomunikasikan”, tandas Simeon Lake.

Sementara itu, salah satu Paket Bacabup, Thomas Ola Langoday (TOL)-Bacawaup Lembata, Yohanes Vianey K. Burin (VB) yang populer dengan Paket 7 (Tujuh) Maret 54-99 lebih dahulu memastikan langkah politik untuk berkoalisi antara Partai Demokrat-Partai Gerindra. Atas dasar kesepakatan itu, kedua figur pemimpin Lembata periode 2024-2029 itu siap mengikuti survei dimana Baliho keduanya berkibar di seantero desa/144 desa , 7 Kelurahan dan 9 Kecamatan di Lembata.

Sedangkan Partai Golkar saat ini masih melakukan survei tahap ll dan tahap lll sehingga belum dapat memastikan siapa bakal maju sebagai Bacabup dan berkoalisi dengan partai apa untuk menentukan Bacawabup Lembata. Figur yang ikut survei Partai Golkar antara lain Ketua DPD Partai Golkar Lembata, Petrus Gero yang juga Ketua DPRD Lembata, Paulus Doni Ruing (PDR) yang adalah anggota dan Pengurus DPP Partai Golkar dan Jimmy Sunur (JS) figur Non Partai yang adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Petrus Bala Wukak, Srkretaris Partai Golkar Lembata.

Dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dikabarkan mengusung sejumlah figur yakni Ben Polo Maing, Jimmy Sunur dan Yuni Damayanti. Namun Nasdem hanya punya 3 kursi DPRD Lembata maka mesti berkoalisi minimal dengan partai yang punya dua kursi atau lebih agar dapat mengusung paket Bacabup-Bacawabup Lembata.

Sedangkan Paket Independen/Perseorangan atas nama, Tarsisius Uru Apelabi (Bacabup) dan Fransiskus Limawai Koban (Bacawabup) Lembatra periode 2024-2029 dinyatakan tidak memenuhi syarat mengusung paket dengan dukungan KTP sebanyak 10.455 (10 persen) dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Lembata.

(WN-01)

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *